Jas Putih 1

Hari ini adalah hari yang panjang. Hampir setiap hari saya menghela nafas panjang setelah tiba di rumah, di titik ternyaman dalam hidup ini. Merebahkan lelah di atas kasur layaknya sebuah kemenangan ketika mengakhiri hari hari panjang di lorong rumah sakit. Lelah sudah berada di puncaknya dan terkadang terlelap hingga pagi menyambut. Begitu seterusnya, tiap hari, tiap minggu hingga tak terasa berganti tahun.

Banyak yang mengira, kami yang berjas putih akan berjalan dengan rasa bangga di atas kaki. Sejatinya, seorang dokter diberi label sejak pendidikan dasar bahwa kami adalah seorang long life learner atau pembelajar seumur hidup. Baru saya sadari bahwa seorang dokter tidak akan pernah berada di puncak piramida. Karena ia harus senantiasa berada dalam suasana ‘ingin tahu’ dan senantiasa mengais ilmu demi untuk mempertanggungjawabkan gelar yang telah disandang.

Seorang dokter muda berada di keduanya, yaitu pendidikan dan pelayanan. Baiklah sebelum lebih lanjut saya ingin bercerita tentang apa sih tugas Dokter Muda? Dokter Muda adalah lulusan sarjana kedokteran yang menjalankan praktek secara langsung dibawah supervisi Dokter Spesialis yang dilakukan di Rumah Sakit Pendidikan dan Rumah Sakit jejaring. Untuk tugas pendidikan kami tetap mengikuti kegiatan kuliah, mengerjakan tugas referat, tugas laporan kasus, menulis puluhan status pasien, diskusi dengan PPDS dan juga dengan Supervisor. Untuk tugas pelayanan yang merupakan bagian dari pendidikan itu sendiri kami turun langsung memeriksa pasien, memeriksa tanda-tanda vital, melaksanakan jaga malam dalam membantu PPDS menjalankan tugasnya. Semua dilakukan tiap hari, hari libur adalah hari sabtu minggu yang diisi dengan jadwal jaga.

Pada akhirnya, ketika lelah menyapa. Saya senantiasa berusaha mengingat mundur apa yang membuat saya bercita-cita kuat untuk sampai ke titik ini. Betapa banyak orang di luar sana ingin menjadi seorang dokter muda. Kadang lelah itu perlahan sirna jika melihat wajah pasien yang dengan tulus mengucapkan terima kasih. Walau hanya sedikit perhatian yang bisa seorang dokter muda berikan, tentu dengan sedikit ilmu yang ia miliki.

#Day4

 

 

 

Author: Iin Fadhilah

Close

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s