Menyapa diri sendiri

Selamat datang di tulisan pertama saya untuk tantangan menulis #30DWC. Dalam 30 hari kedepan saya akan banyak mengupload banyak tulisan di blog ini sebagai wahana latihan menulis. Sejatinya, menulis adalah sesuatu yang perlu dilatih. Dan satu-satunya cara untuk bisa menulis adalah dengan menulis itu sendiri. So, dukung saya untuk berlatih. Karena tidak ada kata henti untuk belajar dan mengupgrade skill. Apalagi jika dikatikan dengan hobby saya yaitu menulis.

Berkenalan dengan mimpi adalah salah satu usaha untuk mengenal diri sendiri. Sebelum mengetahui apa goals kita tentu kita harus mengenal diri sendiri terlebih dahulu. Nah, siapakah kita? dan apa tujuan kita berada disini? Pertanyaan-pertanyaan itu adalah pertanyaan yang tidak berhenti saya tanyakan pada diri saya ketika saat awal memasuki remaja. Saya melihat terlalu banyak tulisan tulisan ” Jauhi Narkoba”, “Jangan Merokok” dan sebagainya. Seakan-akan bahwa semua tulisan itu ditujukan kepada kita anak remaja. Dimana untuk saya yang berada di lingkungan yang jauh dari kedua hal tersebut menjadi cukup bingung untuk memvisualisasikan dalam bentuk yang lebih real.

Saat itu saya mulai bertanya-tanya jika memang kita harus menjauhi hal-hal negatif itu, lalu apa yang harus kita lakukan? Dan saya membawa alam bawah sadar saya untuk senantiasa menyelami pertanyaan apa tujuan penciptaan kita sebenarnya atau  mengapa kita diciptakan. Pertanyaan ini sangat mudah didapatkan di dalam Al-Qur’an dan sangat jelas dijelaskan oleh guru-guru agama bahwa tujuan kita diciptakan tidak lain adalah untuk menjadi khalifah di bumi ini. Dan dalam menjadi seorang khalifah kita harus senantiasa menebar kebermanfaatan di muka bumi ini.

Ya, bermanfaat. Apalah arti kata bermanfaat untuk saya yang baru beranjak remaja. Baru memulai suatu fase kehidupan untuk mulai mengatur langkah akan kemana saya berpijak. Saat itu, saya merasa bahwa cukup sulit untuk menebar kebermanfaatan saat kita masih menyandang status ‘remaja’. Saat itu, jawaban paling sederhana dari kedua orang tua saya adalah saya harus belajar dengan baik agar bisa menggapai cita-cita. Dan dari situlah perjalanan ini dimulai.

Mungkin di usia yang sangat dini itu saya bisa bermanfaat untuk kedua orang tua saya. Saya bisa memberikan rasa bahagia dan rasa bangga atas pencapaian prestasi sebagai bukti yang lebih riil. Lalu saya pun tidak diam dan mulai mencari strategi untuk bisa aktif mengikuti berbagai kegiatan di luar sekolah, mulai dari kegiatan ekstrakurikuler dan sebagainya. Namun, semua itu tidak berhenti disitu.

Saya tetap ditantang di saat saat tertentu ketika harus pulang dengan tangan kosong, atau rasa sedih ketika tidak mampu membawa pulang piala. Saat itu saya merasa gagal dan tidak berarti, namun orang tua saya senantiasa menerima hal tersebut dan tetap menyemangati hingga saya lupa kekecewaan itu, bahkan membalikkannya menjadi cambuk untuk memenangkan kompetisi yang lain.

Namun akhirnya kembali lagi, kebermanfaatan itu belum juga terasa. Apa yang menjadi tujuan saya untuk menjadi seseorang yang bermanfaat belum juga mencapai kadar titrasi yang optimal. Saat masuk ke dewasa muda, saya mulai melihat bahwa sepertinya saya berada di jalan yang belum tepat. Kebermanfaatan yang saya rasakan belum cukup membuat saya bahagia. Sehingga sekali lagi saya terjebak dalam dua pilihan, menjadi bahagia atau menjadi bermanfaat. Kedua pertanyaan ini berseliwerang memaksa saya untuk memilih salah satunya.

#Day1

Author: Iin Fadhilah

Close

3 thoughts on “Menyapa diri sendiri”

  1. Hai, perkenalkan saya Kh, fans lama dan salah satu teman, kuu menunggu tulisan tulisan selanjutnyaa 💚 sedang mengalami dilema yang sama :”

    ILY

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s