Unhas Finalis Mahasiswa Berprestasi 2017

MAKASSAR,UPEKS.Co.id—Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Nasional tahun 2017  memasuki babak baru. Panitia mengumumkan 17 finalis dari 143 mahasiswa berprestasi dari  berbagai PTN dan Kopertis.

Iin Fadhilah Utami , mahasiswi angkatan 2014 Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran  Unhas, adalah salah satu diantaranya.

Pilmapres merupakan ajang pemilihan prestisius. Mahasiswa berprestasi diseleksi dari tingkat paling  bawah, yaitu Program Studi, fakultas, dan universitas.

Untuk Perguruan Tinggi Negeri, calon terbaik dari setiap universitas langsung diseleksi ke tingkat  nasional.

Sementara untuk PTN/PTS. Calon terbaik dari setiap universitas dikirim terlebih dahulu ke  Kopertis untuk diseleksi sesuai jumlah kuota.

Kopertis Wil. IX Sulawesi memiliki kuota maksimal 7 peserta terbaik yang akan dikirim untuk  berkompetisi di tingkat nasional.

Kegiatan yang dikoordinasikan langsung Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan  (Belmawa) Kemristekdikti ini bertujuan memotivasi prestasi mahasiswa dan menumbuhkan budaya  akademik yang lebih baik.

Proses pemilihan ini juga diharapkan dapat menjadi sistem pembinaan prestasi di perguruan tinggi.

Capaian ini merupakan kabar menggembirakan bagi sivitas akademika Unhas. Setelah beberapa  tahun vakum, akhirnya Unhas kembali dapat menunjukkan prestasi nasional.

Direktur Minat, Bakat, Penalaran, dan Informasi Kemahasiswaan Unhas, Prof. Dr. Supratman, S.Hut,  MP mengatakan, dalam beberapa tahun ini, Unhas fokuskan mengembangkan prestasi  kemahasiswaan di level nasional maupun internasional.

“Kita sangat berbangga dengan capaian ini. Rasanya, terbayar semua lelah dan upaya yang telah  dilakukan berkat arahan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan,” kata Prof. Supratman.

Pilmapres 2017 memiliki 5 komponen penilaian, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), Karya Tulis Ilmiah,  prestasi/kemampuan yang diunggulkan, kemampuan bahasa Inggris, dan kepribadian.

“Dari seluruh komponen tersebut, fokus terbesar adalah dalam bidang karya tulis ilmiah. Mahasiswa  menyusun paper, mempresentasikan, dan mempertahankannya dihadapan panel yang dibentuk di  tingkat nasional,” Prof. Supratman menjelaskan.

Iin Fadhilah Utami  menyusun karya tulis berjudul: “Antiseptik Hidung Sebagai Inovasi  Pencegahan Infeksi Pernapasan di Indonesia”.

Topik ini dia pilih didasari fakta, infeksi pernapasan merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi  di seluruh dunia. Iin menawarkan inovasi pencegahan penyakit ini dengan “nose sanitizer”.

Iin tahap persiapan intensif untuk menghadapi penilaian tahap akhir yang akan berlangsung 11 – 13  Juli 2017. Penganugerahan Mahasiswa Berprestasi 13 Juli 2017. (Penulis: Rasak)

Author: Iin Fadhilah

Close

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s