Tahun ke-3

Ini sudah tahun ke-3 saya duduk di Fakultas Kedokteran. Yang berbeda hanyalah di tahun pertama jam kuliah mulai pukul 08.00 dan di tahun ke-3 mulai sedikit lebih awal, yaitu 07.30. Ada satu hal yang menarik dari perjalanan memasuki tahun ke-3 ini.

Saya tetap jatuh cinta pada setiap sosok yang hadir membawakan kuliah, sama seperti saat masih duduk sebagai mahasiswa baru

Rasanya semakin jauh menyelam, semakin dalam lautan ilmu ini. Semakin beragam jenis dan semakin tak terhingga waktu yang dibutuhkan untuk menggali satu persatu. Dan, semakin kecil saya melihat diri ini.

Pagi ini seorang dosen yang saya kagumi, Prof. Budu, mengulas tentang masa lalunya ketika duduk di bangku kuliah. Beliau bercerita jika Anatomi dan Fisiologinya serta merta mendapat nilai A, sehingga ia tidak memilih mendaftar menjadi asisten di departemen tersebut. Justru beliau mendaftar sebagai asisten Biokimia karena merasa kurang dengan pemahaman pada siklus krebs dan segala interaksi biokimia yang ruwet. Singkat cerita, beliau memilih menjadi asisten Biokimia karena ingin memahami lebih dalam.

Saya belajar satu hal dari cerita beliau. Kita sebagai manusia cenderung mengikuti arus. Melakukan hal yang menurut kita mudah dan terlalu menakar dengan hitungan-hitungan matematis kemampuan diri kita.

Saya lupa jika Allah tidak mengenal batas dan dimensi. Jika Allah mampu melakukan segala hal diluar nalar, lalu mengapa kita gentar menantang arus?

Bulan ini saya terlalu banyak berkeluh kesah pada diri sendiri. Tentang padatnya jadwal kuliah, tetek bengek organisasi A, B dan C serta amanah sebagai asisten anatomi yang terasa melemahkan seluruh sendi-sendi saya. Saya lupa, bahwa Allah memiliki seluruh energi di alam semesta. Dan saya hanya butuh secuil untuk menyelesaikan semua tugas sebagai mahasiswa yang baik.

Saya tidak sedang menantang arus. Saya hanya percaya bahwa Allah bekerja di atas batas kemustahilan, dan saya menikmati keajaiban itu. 

Makassar, 7 November 2016

Pkl. 8.56 WITA, di sudut kamar belajar

Author: Iin Fadhilah

Close

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s