Berdamai dengan perangai diri sendiri

Minggu ini saya terjebak, pada kepulan awan hitam yang saya undang. Betul, orang bodoh mana yang mengundang awan hitam? Sayangnya, saya berkehendak memanggil pelangi. Sehinggak konsekuensi demi konsekuensi adalah tanggung jawab pribadi.

Minggu ini saya dibungkamkan, oleh segala pertanyaan yang tidak bisa saya jawab. Bukan berarti saya tidak tahu, memang saya lupa bahwa ketidaktahuan adalah milik orang-orang yang enggan mencari tahu.

Minggu ini saya dipancing, oleh keadaan yang sama sekali tidak lucu untuk dibuat dalam serangkaian skenario. Fikiran saya ikut dibutakan oleh api-api kecil dan ketidakpandaian saya dalam segala hal. Segala ketidakberdayaan mengajak saya untuk menepi ke tepian dan melepaskan bersama air mata.

Namun, saya belajar untuk berdamai. Berdamai dengan masa lalu, berdamai dengan ambisi dan berdamai dengan keterbatasan yang saya miliki saat ini.

Ya, saya membenci keterbatasan.

Ya, saya membenci ketidaktahuan.

Ya, saya membenci ketidakberdayaan.

Ya, namun saya tidak pernah berani mencoba membenci diri saya terlepas dari kekurangan diatas. Ya, namun saya tidak pernah berani menunjukkan pada orang lain bahwa proses berdamai dengan diri adalah proses yang tidak singkat.

Jika menulis adalah cara terbaik untuk berbicara. Maka yang sedang berbicara adalah kawan yang bernama jiwa. Yang akan segera terbebas dari keterbatasan, ketidaktahuan dan ketidakberdayaan yang ia banggakan.

Saya mencintai ambiguitas. Yang memaksa orang menerka-nerka makna di atas makna. Atau dualisme yang tak saling singkron bahkan di penghujung. Kita patut berbahagia untuk ketidakmampuan yang membangunkan. Membangunkan jiwa untuk segera menggiring egosentris ini lubang yang menghanguskan.

Semoga hari ini saya menghabiskan jatah kekecewaan dan melanjutkan perdamaian dengan diri sendiri.

Author: Iin Fadhilah

Close

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s