Berlaju di atas Salju (Harian FAJAR)

*Dimuat di Harian FAJAR Jumat, 17 Maret 2013

Oleh : Iin Tammasse

Mens sana in corpore sano. Kutipan yang berarti di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat menjadi aspek penting dalam dunia pedidikan di Swiss. Khusus bagi pelajar tiap tahunnya diadakan Sportferien atau Libur Olahraga yang diisi dengan olahraga winter seperti ski dan snowboard.

 

Seru dan menantang. Dua kata yang cukup mendeskripsikan pengalaman berseluncur dengan ski pada libur di awal bulan Februari lalu. Liburan memang selalu menyenangkan, apalagi jika diisi dengan hal  baru yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Setelah mencoba pada libur natal akhir tahun, ternyata olahraga uji nyali ini membuat penulis merasa ketagihan untuk mencoba lagi.

 

Bersama dengan hostfamily, penulis pun menghabiskan sportferien di kawasan pegunungan Alpen tepatnya di Bergün, Kanton Graubunden. Perjalanan dari Kanton Zurich menghabiskan waktu sekitar 3 jam karena Kanton Graubunden sendiri  terletak pada bagian selatan Swiss. Waktu yang relatif lama untuk menyusuri negara yang hanya berukuran 41.285 km2 ini. Uniknya, di kanton Graubunden penduduk memakai tiga bahasa, bahasa Jerman, bahasa Italia dan bahasa Romanish.

 

Dua pekan yang menyenangkan menjalani keseharian di pegunungan. Rasanya seperti berada pada dimensi bumi yang lain melihat sekeliling berselimutkan salju putih. Menghirup udara dingin dan bersih di pagi hari serta meminum susu sapi segar yang baru diperah. Perbedaan cukup drastis dengan kehidupan sebelumnya sebagai anak pesisir Losari yang kemudian menjadi anak gunung Alpen.

 

       Di sebuah cottage tradisional Swiss di desa kecil bernama Latsch menjadi persinggahan sementara penulis dan hostfamily selama dua pekan. Desa kecil yang terletak pada ketinggian sekitar 1700 m membuat penulis harus bersahabat dengan jaket tebal dan kaos tangan setiap harinya. Melawan dingin yang bahkan bisa mencapai -20 derajat celcius.

 

Meskipun belum dikategorikan mahir, namun berlaju dengan ski pada jalur merah(menengah) menjadi tantangan tersendiri.  Terkadang sedikit mendebarkan ketika harus meluncur pada jalur yang terjal dan curam. Beberapa kali penulis harus terjatuh dan tergelincir hanya karena kurang berhati-hati mengontrol kecepatan ataupun bertabrakan dengan pemain ski lain. Belum lagi puncak yang terkadang berkabut dan hujan salju yang mengurangi jarak pandang. Namun inilah yang membuat pengalaman bermain ski ini menjadi tidak terlupakan. Seringkali kita harus menanggalkan rasa takut kan? No Risk, No Fun.

 

Selain ski, wintersport lainnya adalah Schlitteln dan Ice-skating. Schlitteln adalah berseluncur di atas papan kayu, cukup duduk dan mengarahkan papan saja.  Alat Schlitteln tersebut dapat disewa seharga 15 Swiss Franc (Rp 150.000). Yang tidak kalah menarik adalah ice-skating di Skateline Surava dengan jalur es sekitar 3 km melewati hutan serta menikmati panoramanya yang menakjubkan.

 

Pada hari terakhir penulis bersama hostgrandma berjalan-jalan mengunjungi St. Moritz, salah satu resor wisata musim dingin tertua dan paling terkenal. St. Moritz yang berada pada ketinggian 1856 m di atas permukaan laut ini juga memiliki pemandangan yang tak kalah mempesona. Pemandangan alam disini penulis nikmati dengan mengendarai Kutsche (kendaraan sejenis delman) mengelilingi lereng bukit bersalju sekitar kurang lebih satu jam. Setelah lelah, kami pun pulang dengan menggunakan kereta api Rhaetian dengan jalur kereta memanjang dari Albula hingga Bernina. Sejak tahun 2008, jalur kereta api yang berumur lebih dari seratus tahun ini telah terdaftar oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia. Seru kan? Nantikan cerita selanjutnya dari negeri kincir angin Belanda!

Author: Iin Fadhilah

Close

One thought on “Berlaju di atas Salju (Harian FAJAR)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s