Kamu tanya, saya jawab-(1)

Halo pembaca setia, apa kabar? semoga dalam keadaan baik dan luar biasa. Posting blog agak terlambat dikarenakan waktu dan jadwal yang padat dan sulitnya membagi waktu yang hanya 24 jam. Salah satu project dari exchange year ini adalah Kamu tanya, Saya jawab. Teman-teman boleh bertanya apa saja tentang program pertukaran pelajar, exchange life saya dan sebagainya. Pertanyaan bisa lewat segala macam sosial media ataupun di blog ini. Kami disini untuk menjembatani dua budaya, akan sangat menyenangkan jika bisa bertukar pengetahuan yang mungkin kalian sekedar ingin tahu. Feel free untuk bertanya.

Berikut email dari :

Anggia Kinariana <puroeay@yahoo.com>
Halo Kak Iin, 
Kalo boleh jujur, aku akhir-akhir ini suka buka-buka & baca-baca post di blog kamu lho, kak.
Blog punyamu itu keren, kak. Isinya menarik dan mudah dipahami.
Aku rencananya sih mau ikut AFS chapter Jogja tahun depan, ya gara-gara kakak ini. 
Tapi aku masih punya beberapa pertanyaan, Kak. Berhubung aku binggung mau tanya sama siapa, mending aku tanya sama pesertanya langsung aja .
Oke, ini pertanyaan-pertanyaanku. Tolong dibantu ya, Kak. 
Halo adik 🙂
Terima kasih sudah mau berkunjung dan menyukai isi dari cerita-cerita kakak. Blog sederhana ini hanya sebagian kecil dari petualangan ini, kakak sangat senang jika kamu tergerak untuk memiliki keinginan besar ‘merubah lajur hidupmu’ dengan program ini.
  1. Gini kak, AFS kan buat anak kelas 10. Nah, sewaktu kita pergi ke luar negeri buat ikut pertukaran pelajar, nilai-nilai ulangan kita di sekolah yang di Indonesia— seperti Ulangan harian, ulangan tengah semester dll, gimana dong kak ? Apa nanti sewaktu kita balik kita disuruh ikut ulangan susulan atau gimana ? Jadi sebenarnya TES mengikuti AFS untuk siswa/siswi kelas 10 tetapi memakan proses panjang kurang lebih 2 tahun dan kami diberangkatkan sebelum naik kelas 12. Nah, nanti setelah pulang ke Indonesia harus mengulang lagi setahun, jadi total SMA selama 4 tahun. Sama sekali tidak menyesal  harus lama sekolahnya,  karena pengalaman yang kami dapatkan Insya Allah lebih worth it 😀                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  
  2. Aku kemarin habis baca syarat-syarat pendaftaran AFS, disitu tertulis kalo peserta yang ikut seleksi harus lahir diantara 01 Agustus 1997- 01 Agustus 1998. Kalo misalnya aku lahir tanggal 10 September 1998 gimana dong kak ? Masa iya harus daftar lagi tahun 2015, kalo daftar tahun 2015 aku sudah enggak kelas 10 lagi.Nah, cek dulu dik pendaftaran program 2013/2014 yang sudah berlangsung itu 1 Agustus 1995-1 Agustus 1997. Karena kamu daftar tahun depan kemungkinan kelahiran yang terpilih 1 Agustus 1996 – 1 Agustus 1998. Jangan patah semangat terus update di chapter terdekat di kota kamu, regulasi bisa saja berubah.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      
  3. Nanti kalo misalnya negara tujuan yang aku pilih Belanda, padahal aku belum bisa bahasa Belanda, nanti kita harus belajar autodidak atau dibantu oleh pihak AFSnya, Kak?  Untuk negara tujuan sama sekali belum tentu sesuai pilihan. Pertama harus memilih program dulu ada AFS, YES, atau Kizuna. Lalu kemudian menyusun 10 pilihan negara. Saya pribadi benar-benar no idea dengan bahasa jerman sebelum berangkat ke Swiss. Tergantung negaranya juga, semisal Jerman dan Swiss memang ada Language course di bulan pertama hosting. Selanjutnya di sekolah juga ada les jerman. Masalah bahasa benar-benar akan menjadi ‘masalah’ karena itu alat berkomunikasi vital. Yang penting pede dan mau bekerja keras 🙂                                                                
  4. Temen-temen kakak yang foto-fotonya diposting di blog itu temen sekelas kakak ?? Anak AFS juga ? Itu nanti anak-anak AFS dikumpulin disatu kelas yang sama ?  Teman-teman AFS itu teman sekelas semasa les jerman di bulan pertama. Setelahnya masuk ke sekolah umum Gymnasium  setara dengan SMA, bedanya Gymnasium ini terdiri dari 6 tingkatan dan saya di tingkatan 5.                                                                                                
Ya sudah, segitu saja, Kak. Thank you for your time. May God always bless you wherever you are. 🙂 
Baik terima kasih adik. Senang bisa mendengar antusiasme dari adik. Sekedar ingin tahu sudah merupakan langkah kecil untuk perubahan kecil. Pertukaran pelajar ini seperti ‘banting setir’. Memang bukan ke jalan tol bisa cepat lulus atau merangkai impian yang lebih nyata. Jauh dari pada itu kita bisa melihat hal lebih banyak, berkenalan dengan orang banyak, mempelajari hal-hal yang mungkin tidak di dapatkan di bangku sekolah. Paling penting adalah lebih mengenal diri sendiri karena kita dituntut untuk membuat keputusan sendiri dan memecahkan masalah sendiri. Layaknya ketapel yang ditarik mundur untuk meluncur jauh ke depan. Dan kita harus tetap optimis untuk esok hari yang masih menjadi misteri.

Author: Iin Fadhilah

Close

3 thoughts on “Kamu tanya, saya jawab-(1)”

  1. wah.. Ternyata harus ngulang lagi setahun .. Aku pengen bggtt ikutt .. Apa nggak ada cara lain supaya nggak ngulang.?? Soalnya aku dulu udah telat masuk SD nya .. Dan harus tinggal setahun dari semua temen SD n SMP akuu … Nggak berani juga jadinya bilang ke ortu .. Tpi aku pengeenn bggtt kakk .. Gimana donk nih .??? Tolong kasih sarannyaa ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s